BOOK REVIEW

BOOK REVIEW AND REVIEW ARTICLE

  1. Bibliographical Information. nama pengarang, judul dan anak judul, editor (jika ada), edisi (jika ada), nama dan tempat penerbit, tahun terbit, dan jumlah halaman.
  2. Reliability of the Material. apakah buku itu up to date, biodata pengarang seperti siapa dia, berasal dari mana, latar belakang pendidikan, tugas dan jabatan yang ia emban, dan bagaimana reputasinya dalam dunia akademik paling tidak terkait dengan tema yang terdapat dalam buku yang diterbitkan.
  3. Enlightening Circumstance. apakah buku itu terdorong oleh peristiwa-peristiwa penting yang terjadi. Disampaikan pula sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan buku tersebut.
  4. Kind of Book. apakah buku itu tergolong pada karya sejarah, perjalanan (travel), kritik literatur, biografi, dan yang semacamnya. Upayakan untuk bisa dihubungkan dengan materi atau bidang-bidang keilmuan lainnya (secara singkat).
  5. Author’s Intention. batasan-batasan (cakupan-cakupan) yang ditentukan oleh penulis buku. Apakah buku itu merupakan buku popular atau buku ilmiah? Apakah mengandung kajian yang amat spesifik ataukah merupakan sebuah survey? Buku itu ditujukan kepada pembaca yang seperti apa: untuk para spesialis, mahasiswa, atau pembaca umum?
  6. The Theme of the Book. mengungkap Tesis buku, dengan membaca Pengantar dan Kesimpulan. Ketika membaca buku hendaknya selalu dihubungkan dengan Tesis yang telah ditentukan.
  7. Method or Methods of Organization. organisasi dan struktur pembahasan, seperti pada Sistematika Pembahasan dan Daftar Isi. Apakah organisasi pembahasan itu tersusun secara logis dan baik. Kemukakan pula jika ada appendiks, indeks, dan yang semacamnya. Akan baik pula jika bisa dikemukakan kerangka teori dan pendekatan yang digunakan yang mungkin bisa menjadi bahan perbandingan dengan buku-buku sejenis yang telah ada.
  8. Major Points and Key Concepts. menghadirkan konsep-konsep kunci dengan memperhatikan kata-kata kunci dalam buku.
  9. Kinds of Data. sumber dan macam data yang digunakan untuk mendukung argumen. Bagaimana pula ia memanfaatkan data tersebut untuk mendukung ide-ide yang dikemukakan. Adakah kemungkinan untuk melihat data yang sama dengan cara yang berbeda?
  10. Quotations. disertai dengan kutipan langsung (sesuai dengan bahasa yang digunakan dalam buku). Ini bisa meyakinkan pembaca bahwa penulis book review betul-betul membaca buku yang di-review. Kutipan dipilih yang mengandung hal-hal menarik mungkin karena ide baru atau kontroversial.
  11. Consistency. sejauh mana penulis buku konsisten dalam mengajukan ide-idenya sekaligus argumen-argumen yang diajukan. Jika ada yang tidak konsisten, maka disitulah celah bagi pe-review untuk mengajukan kritik atau bahkan penolakan terhadap Tesis yang diajukan.
  12. Successful Effort of the Author. apakah penulis buku sukses dalam mengemukan Tesis yang diajukan dengan dukungan argumen yang memadai. Apakah penulis buku sukses menyelesaikan masalah-masalah akademik yang diajukan di dalamnya.
  13. Quality of Writing. Apakah buku tersebut ditulis secara baik dengan format yang juga menarik, termasuk pula kesalahan-kasalahan tulis, catatan kaki, daftar pustaka, dan yang lain sebagaimana.
  14. Further Research. Apakah buku tersebut berimplikasi terhadap munculnya isu-isu penting yang perlu untuk diteliti lebih lanjut.
  15. .Impact of the Book. apakah buku itu berpengaruh terhadap pe-review. Jika ya, kemukakan secara singkat respon yang diperlukan. Lebih dari itu, pe-review diharapkan mampu menyajikan argumennya apakah buku itu penting dan sekaligus menarik untuk dibaca oleh yang lain. Karena buku yang akan di-review cenderung buku yang baik dan menarik, maka pe-review hendaknya memberi apresiasi wajar dan proporsional terhadap buku tersebut sekaligus mendorong orang lain untuk membaca. Sebaiknya hal ini diletakkan pada bagian akhir pada book review.

TRADISI MEMBACA

Menulis karya ilmiah yang baik perlu didukung dengan tradisi membaca yang baik. Untuk membaca yang baik dan efektif diperlukan empat kemampuan:

  1. mengikuti alur berpikir penulis buku (the thread of the author’s thought),
  2. melihat hubungan ide-ide penulis dalam buku (relationship among his ideas),
  3. menghubungkan ide-ide yang terdapat dalam buku dengan pengalaman anda (to relate his ideas to your own experience)
  4. mengevaluasi isi buku secara kritis dan cerdas (to evaluate them critically and intelligently)..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: